Waktu antara pertengahan bulan Oktober dan November 2011 digunakan oleh tim program Lumbung Komunitas (LK) COMBINE Resource Institution (CRI) untuk melakukan pembaruan Sistem Informasi Desa (SID) di empat wilayah. Pembaruan ini meliputi pembaruan pada perangkat teknis aplikasi, pembaruan isi basis data dalam SID, serta pembaruan mekanisme dan manajemen SID di desa wilayah ujicoba. Rencana awal, kegiatan ini akan dilakukan di empat wilayah, yang meliputi Desa Terong di Bantul, Desa talun di Klaten, Desa Kandangan di Temanggung, dan Kecamatan Pengasih di Kulon Progo. Pada praktiknya, kegiatan tim LK juga berlangsung di Desa Nglegi di Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Kegiatan pembaruan sistem ini kemudian berlangsung secara serial dan intensif di Desa Terong, Talun, Kandangan, dan Nglegi. Sementara, kegiatan di Pengasih hanya merupakan kegiatan sosialisasi yang dilakukan dalam satu sesi kegiatan.

Kegiatan selama periode pertengahan Oktober hingga pertengahan November 2011 menjadi tahap memastikan kesiapan fungsi SID di empat desa ujicoba. SID di Desa Terong, Talun, Kandangan, dan Nglegi memang sudah terpasang dan digunakan sebagai mesin pembantu olah data sejak tahun 2010 dan awal 2011. Namun, beberapa fungsi tambahan baru diupgrade dalam kesempatan dua bulan terakhir ini. Jadi, dalam pertengahan bulan November 2011 ini, SID di keempat desa di atas telah dipastikan dapat berfungsi secara utuh dalam versi yang ada sekarang. Fungsi olah data dan dokumen, baik di sistem lokal (offline) maupun online telah dapat dilakukan. Selain itu, mekanisme komunikasi antara staf desa dengan tim CRI juga telah dapat disepakati sebagai skema dukungan pemanfaatan sistem.

Bagian utama dari pelaksanaan program Lumbung Komunitas adalah pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID) untuk proses perencanaan pembangunan berbasis aset secara partisipatif dan memberikan dukungan pengelolaan sumber daya lokal secara efektif – efisien. Akhir tahun kerja di bulan November dan Desember selalu menjadi periode perencanaan agenda kerja tahunan di setiap desa. Tim CRI yang telah berhasil memastiakn fungsi SID dapat berjalan lancar akan turut masuk dalam proses tersebut. SID akan coba dileburkan dalam proses diskusi perencanaan agenda kerja tahunan desa di Desa Terong, Talun, Kandangan, dan Nglegi. Dalam proses ini, tim program Lumbung Komunitas akan bekerjasama dengan tim program lain, seperti Tikus Darat untuk implementasi di Desa Talun dan Desa Terong. Kedua desa itu akan digarap dengan tema khusus, pengelolaan SID untuk mendukung proses pengurangan risiko bencana. Selain tim Tikus Darat, tim program LK akan meminta dukungan penuh tim Unit Strategis CRI dan tim Manajemen Pengetahuan CRI untuk implementasi kegiatan program di empat desa. Bersama tim IT, program LK akan terus berkoordinasi dalam proses pengembangan sistem dan pemantauan pemanfaatan sistem di lapangan.

(Elanto Wijoyono)