Langka Penyiapan Jaringan Pemanfaat SID Lintas Desa

Akhir September 2011 menjadi waktu bagi tim program Lumbung Komunitas (LK) COMBINE Resource Institution (CRI) untuk melakukan evaluasi dan pengembangan program. Program penerapan Sistem Informasi Desa (SID) yang akan dievaluasi dan dikembangkan dalam kegiatan tiga hari ini adalah SID di wilayah Desa Terong, Dlingo, Bantul, D.I. Yogyakarta dan di Desa Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah. Satu wilayah baru adalah Kecamatan Pengasih di Kulon Progo, D.I. Yogyakarta dijadikan sebagai pertemuan awal penjajagan inisiatif pembangunan SID di Kulon Progo.

Kegiatan diawali dari pertemuan di Desa Terong. Kegiatan di sini adalah kegiatan bersama tim LK dengan tim Tikus Darat (TD) CRI. Tajuk program bersama ini adalah pembangunan SID untuk pengurangan risiko bencana (PRB) di tingkat desa. Pertemuan kali ini adalah pertemuan lanjutan usai pertemuan awal dengan Tim Siaga Desa (TSD) Terong pada bulan Juli 2011 lalu. Dalam pertemuan ini, tim LK dan TD telah masuk dalam agenda perencanaan proses pemetaan potensi sumber daya desa yang dapat dikelola untuk PRB di wilayah Desa Terong dengan dukungan SID. Tim LK dan TD membantu TSD Terong untuk merumuskan variabel data apa saja yang akan dipetakan dan diolah datanya dengan SID. Dalam pertemuan siang hari tersebut juga disepakati mekanisme pemetaan data bersama TSD Terong.

Desa Kandangan adalah tujuan kedua dalam seri kegiatan tiga hari ini. Kantor Desa Kandangan telah menyelesaikan entry data penduduk lengkap ke dalam SID. Namun, fungsi surat dalam SID yang terpasang dalam SID di kantor Desa Kandang belum dapat difungsikan. Jadi, dalam sesi evaluasi, tim Desa Kandangan berharap SID dengan fungsi olah data administrasi kependudukan dapat segera dijalankan. Pada diskusi tentang rencana pengembangan SID Kandangan, tim LK mendorong dilakukannya optimalisasi olah data kesehatan di tingkat desa dan kecamatan dengan SID. Dalam sesi ini disepakati bahwa tim LK akan diikutsertakan dalam pertemuan kader kesehatan desa di bulan Oktober 2011 untuk melakukan sosialisasi rencana itu. Waktu pelaksanaan akan dikabarkan kemudian oleh tim Desa Kandangan kepada tim LK CRI.

Kunjungan tim LK ke Kecamatan Pengasih di Kulon Progo, D.I. Yogyakarta terjadi setelah ada komunikasi dengan staf kecamatan setempat. Bapak Daldiri yang sebelumnya bertugas di kantor pemberdayaan masyarakat desa di kabupaten saat ini bertugas di Kecamatan Pengasih. Diskusi tentang rencana penerapan SID untuk Kulon Progo yang sudah sejak awal tahun dibicarakan bersama, siap diterapkan melalui percontohan bersama tujuh desa di Kecamatan Pengasih. Pertemuan ini dilakukan pada pagi – siang hari di ruang pertemuan kantor Camat Pengasih.

Terbentuknya tim kerja di tiga wilayah ini diharapkan menjadi tahap dimulainya tindak lanjut pemanfaatan aplikasi SID usai proses pembangunan aplikasi dan basis data di dalamnya. Proses terbentuknya tim kerja di Desa Terong yang memanfaatkan Tim Siaga Desa menjadi langkah awal bagi proses pemanfaatan SID untuk program pengurangan risiko bencana di tingkat desa. Proses terbentuknya tim kerja di Desa Kandangan menjadi langkah awal bagi proses pemanfaatan SID untuk pelayanan publik. Pemanfaatan data kesehatan di tingkat desa dan kecamatan adalah satu rencana pengembangan SID yang disesuaikan dengan kapasitas desa. Sementara, proses sosialisasi awal di Pengasih, Kulon Progo tentang pemanfaatan SID sebagai media untuk mendayagunakan data Profil Desa mendapatkan tanggapan positif. Tujuh desa di wilayah kecamatan tersebut menyatakan siap untuk segera menerapkan SID di desa masing-masing.

(Elanto Wijoyono)