Vertrigo Icon Vertrigo

.

Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) dibangun sebagai sebuah aplikasi berbasis web. Kita bisa langsung menggunakan aplikasi ini secara online. Namun, dalam penerapannya di desa-desa, aplikasi ini direkomendasikan tetap dipasang secara offline. Tujuannya adalah agar pemanfaatan aplikasi di kantor desa tidak tergantung dengan ketersediaan internet. Jadi, pengolahan data hingga pelayanan publik dengan dukungan SID bisa tetap dilakukan dalam kondisi tanpa internet. Namun, walaupun tidak terhubung ke internet, sebagai aplikasi berbasis web maka aplikasi SID dapat dijaringkan dalam sebuah jaringan komputer lokal (Local Area Network) di kantor desa. Untuk itu, aplikasi SID harus diinstall ke komputer yang dijadikan sebagai server lokal dalam jaringan tersebut. Untuk membangun server lokal sebagai penyedia hosting maka diperlukan proses pemasangan (instalasi) sejumlah aplikasi web server, meliputi:

  • ♦ Apache Server
  • ♦ PHP Server
  • ♦ MySQL

.

Dengan adanya hosting lokal dalam sebuah server lokal maka proses membangun dan memodifikasi aplikasi SID bisa mudah dilakukan tanpa tergantung internet. Walaupun demikian, data dan informasi yang terhimpun di dalam aplikasi SID lokal ini bisa ditransfer ke hosting di server publik berbasis internet. Hal itu bisa dilakukan secara berkala oleh desa.

Proses intalasi aplikasi web server yang dibutuhkan bisa dilakukan satu per satu. Namun, saat ini sudah ada paket aplikasi yang telah lengkap mencakup ketiga aplikasi di atas. Jenis aplikasi tersebut di antaranya adalah XAMPP dan VERTRIGO. Panduan ini akan menjelaskan proses instalasi aplikasi VERTRIGO ke dalam sistem operasi berbasis Windows.

.

Langkah Instalasi VERTRIGO:

.
Unduh aplikasi Vertrigo melalui tautan berikut ini: http://sourceforge.net/projects/vertrigo/
Proses instalasi Vertrigo sangat mudah. Setelah file selesai diunduh, klik dobel pada file “Vertrigo_versi_2xx.exe” (tergantung versi aplikasi yang diunduh). Panduan ini menggunakan contoh instalasi Vertrigo Versi 2.21. Akan terbuka jendela instalasi dengan urutan sebagai berikut:

1. Pilih bahasa, kemudian klik “OK”

.

2. Muncul jendela selamat datang (Welcome Screen) sebagai awal proses, klik “Next”

.

3. Muncul jendela keterangan lisensi aplikasi. Vertrigo adalah perangkat lunak dibawah lisensi GNU/GPL. Klik “I Agree”

.

4. Muncul jendela pilihan komponen yang akan diinstall. Pastikan kedua pilihan tercentang, lalu klik “Next”

.

5. Masukkan folder tujuan, yaitu folder yang akan dipakai untuk menyimpan Vertrigo. Secara default, Vertrigo akan diarahkan untuk diinstall ke C:\Program Files\VertrigoServ. Folder tujuan tersebut dapat diubah ke selain Direktori C. Pada sistem operasi baru seperti Windows 7, instalasi Vertrigo disarankan untuk diarahkan ke direktori selain Direktori C (atau direktori tempat file sistem berada). Selanjutnya, klik “Next”.

.

6. Muncul jendela untuk memilih folder start Menu. Biarkan secara default saja (dalam contoh ini nama defaultnya adalah “VertrigoServ 2.21”). Klik tombol “Install”.

.

7. Proses instalasi akan berjalan. Tunggu proses instalasi hingga selesai.

8. Setelah proses instalasi selesai maka akan muncul jendela berikut ini. Pastikan pilihan “Run VertrigoServ 2.21″ tercentang, lalu klik “Finish”.

.

9. Setelah proses instalasi selesai, maka pada layar kita akan muncul jendela seperti berikut ini. Klik tombol “Hide this Window and Start Server” untuk menghidupkan/mengaktifkan web server (Apache, PHP, dan MySQL).

.

10. Jika Windows Firewall komputer dalam posisi aktif / ON, biasanya akan muncul jendela peringatan seperti berikut ini. Sila klik tombol “Unblock” agar port untuk server dapat dimasukkan sebagai pengecualian dan bisa dijalankan.

.

11. Sebagai tanda aplikasi web server ini berjalan, pada panel bar sebelah pojok kanan bawah akan muncul ikon baru seperti gambar di bawah ini (tanda “+” berwarna hijau). Jika tanda “+” itu berwarna hijau berarti aplikasi dapat berfungsi. Namun, jika berwarna kuning, biru, atau merah berarti aplikasi web server tersebut mengalami masalah.

.

12. Jika pada tanda “+” tersebut diklik maka akan muncul menu Vertrigo seperti gambar bawah ini.

.
13. Untuk menguji apakah web server sudah berjalan, bukalah web browser (Mozilla Firefox, Chrome, atau lainnya). Ketikkan “http://localhost” (tanpa tanda kutip) , maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.

.

14. Instalasi web server dalam contoh ini menggunakan folder: C:\program Files\Vertrigo. Beberapa hal yang perlu diketahui adalah:

  • ♦ Web Root terletak di folder:  C:\program Files\Vertrigo\www
  • ♦ Default UserID dan password:
    •     ◊ mySQL (phpMyAdmin): UserID: root  | Password: vertrigo
    •     ◊ SQLitemanager (admin): UserID: admin | Password: admin
    •     ◊ SQLitemanager (data): UserID: data | Password: data
    •     ◊ SQLitemanager (guest): UserID: guest | Password: guest

.

Demikian panduan instalasi aplikasi web server Vertrigo untuk platform Windows. Proses ini akan dilanjutkan dengan instalasi aplikasi Sistem Infromasi Desa (SID). Panduan lengkapnya dapat disimak dalam kategori “Panduan & Terbitan”.

.

(Elanto Wijoyono)