Pertemuan digelar di ruang Kepala Bappeda Temanggung pada hari Kamis (30/08) pukul 09.00 – 11.00. Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung Bambang Dewantoro membuka pertemuan dan menyampaikan sejumlah visinya tentang pembangunan perdesaan dengan dukungn teknologi informasi. Pak Bambang mendukung inisiatif pembangunan Sistem Informasi Desa (SID) di wilayah Kabupaten Temanggung dan melimpahkan koordinasinya kepada Pak Danang Purwanto.¬†Pihak yang hadir dalam pertemuan hari Kamis pagi itu adalah camat (atau perwakilan kecamatan) dari 4 kecamatan dan perwakilan Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang akan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Temanggung. Empat kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Bulu, Gemawang, Bejeng, dan Kedu. Perwakilan dari Unnes yang hadir adalah Bapak Henry Ananta (dosen Jurusan teknik Elektronika FT Unnes) yang berperan sebagai Koordinator Kabupaten untuk pelaksanaan KKN di Kabupaten Temanggung. Juga hadir dalam kesempatan ini adalah tim konsultan program Pamsimas Provinsi Jawa Tengah — Province Management Advisory Consultant (http://www.pamsimas.org/). Kehadiran tim Pamsimas ini dikoordinasikan oleh Pak Danang Purwanto sebagai langkah integrasi program yang akan dilakukan di wilayah yang sama dengan penerapan SID pada tahap ini.

Koordinasi di Bappeda Temanggung pada Kamis (30/08)
Koordinasi di Bappeda Temanggung pada Kamis (30/08)

Diskusi diawali dengan pembahasan persiapan KKN Unnes yang akan dimulai pada tanggal 5 September 2012. Pada tanggal itu mahasiswa akan diterjunkan langsung ke 3 kecamatan, yakni Bulu, Bejen, dan Kedu. Kemudian, pada tanggal 6 September 2012 tim mahasiswa yang lain baru akan diturunkan di Kecamatan Gemawang. Program ini akan berjalan selama 45 hari dan SID telah disepakati akan menjadi prioritas kerja dalam pelaksanaan KKN. Tim mahasiswa KKN akan melanjutkan program Posdaya yang telah menjadi platform kerja pemberdayaan masyarakat yang selama ini telah dilakukan. Dalam KKN ini, akan ada 5-6 mahasiswa di setiap desa yang menjadi lokasi program.

Sebagai langkah persiapan menuju pembangunan SID, akan diadakan pertemuan di masing-masing kecamatan. Jadwal yang disepakati adalah sebagai berikut:

  1. Jumat, 7 September 2012: Koordinasi dan pelatihan SID untuk wilayah Kecamatan Bejen
  2. Sabtu, 8 September 2012: Koordinasi dan pelatihan SID untuk wilayah Kecamatan Gemawang
  3. Senin, 9 September 2012: Koordinasi dan pelatihan SID untuk wilayah Kecamatan Bulu
  4. Selasa, 10 September 2012: Koordinasi dan pelatihan SID untuk wilayah Kecamatan Kedu.

Peserta pertemuan ini adalah perwakilan desa-desa yang telah mengikuti proses pelatihan sebelumnya. Mereka akan dipertemukan dengan perwakilan tim mahasiswa KKN. Pelatihan teknis penggunaan SID dan penyepakatan arah program pemanfaatan SID akan dilakukan dalam pertemuan ini. Diharapkan, usai pertemuan ini, telah jelas arah pembangunan SID yang ditaregtkan dapat terlaksana selama program KKN Unnes berjalan hingga pertengahan Oktober 2012. Monitoring akan dilakukan oleh tim COMBINE Resource Institution (CRI) dan Bappeda Kabupaten Temanggung pada akhir September atau awal Oktober 2012.

Diskusi kedua adalah rencana mengintegrasikan program pembangunan SID dengan program Pamsimas. Pamsimas memerlukan dukungan ketersediaan data desa yang mutakhir dan akurat, sehingga menilai tepat jika dapat terintegrasi dengan SID. Pada tahap ini, program Pamsimas memiliki target jangka pendek yang harus terselesaikan sebelum akhir Desember 2012 dengan proyek percontohan di Kabupaten Temanggung. Program jangka menengahnya dilakukan dalam periode 5 tahun. Program ini memerlukan dukungan ketersediaan data kependudukan, kemiskinan, dan AMPL (air minum dan penyehatan lingkungan). Program yang mendapatkan dana dari Bank Dunia ini dapat memberikan komitmen mendukung proses pembangunan SID di desa-desa di 4 kecamatan pada aspek pembangunan infrastruktur jaringan komputer online. Proses ini akan diintegrasikan dan dikoordinasikan langsung oleh Bappeda Kabupaten Temanggung dengan desa-desa di wilayah program.

Album foto kegiatan:¬†http://album.combine.or.id/index.php/LK—Lumbung-Komunitas/2012/LK-_-2012-08-30-_-Koordinasi-SID-untuk-4-Kecamatan-di-Temanggung

(Elanto Wijoyono)