Kecamatan Kedu di kabupaten Temanggung akan segera menterapkan Sistem Informasi Desa (SID) yang dikembangkan oleh COMBINE Resource Institution (CRI). Sebanyak 48 orang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang (UNNES) akan membantu pemerintah kecamatan Kedu mengimplementasikan di 8 desa: Kedu, Karangtejo, Mergowati, Ngadimulyo, Bojonegoro, Gondangwayang, Kutoanyar dan Danurejo.

SID adalah aplikasi berbasis web (web-based). Bisa berjalan tanpa koneksi internet, tetapi akan lebih baik, optimal, jika bisa terkoneksi internet dan data akan terjejaringkan antar desa, antar kecamatan dan seterusnya. Delapan  desa yang disebut di atas cuma sebagian dari keseluruhan desa yang akan mengadopsi SID di Temanggung. Seluruhnya, akan ada sekian desa di 4 (empat) kecamatan di kabupaten Temanggung. Kabupaten Temanggung berniat menerapkan SID di tiap desa.

SID mendokung visi desa yang otonom, tangkas, dan cerdas dalam bekerja sama. Desa mampu saling memberi guna; menjadi dirinya sendiri dan berguna buat yang lain. Selama 45 hari KKN mahasiswa UNNES akan membantu pemkab Temanggung membangun SID dengan visi tersebut di desa-desa pada empat kecamatan: Gemawang, Bulu, Bejen, Kedu.

(Didi Sugandi)

Tulisan ini pertama kali dimuat di http://www.facebook.com/media/set/?set=a.4606753846400.276944.1219040856&type=1