Sila ikuti langkah instalasi aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) ini setelah Anda mendaftarkan dan mendapatkan MASTER SID 2.1:

1. Pilih 1 (satu) komputer desktop / personal computer (PC) yang akan dijadikan sebagai server.

2. Copy paket folder MASTER SID 2.1 ke komputer server.

3. Install aplikasi webserver VERTRIGO yang ada di dalam paket folder MASTER SID 2.1 > PROGRAM.

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows XP, webserver Vertrigo bisa diinstall di direktori C
Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 7 dan seterusnya, webserver Vertrigo sebaiknya diinstall di direktori selain C.

Aplikasi VERTRIGO juga dapat diunduh melalui tautan web berikut ini: http://sourceforge.net/projects/vertrigo/.

Panduan instalasi VERTRIGO dapat dilihat di https://lumbung.combine.or.id/2012/08/panduan-instalasi-web-server-local-vertrigo/

4. Copy seluruh isi folder SID yang ada di dalam paket folder MASTER SID 2.1 ke dalam folder direktori tempat aplikasi VERTRIGO terinstall.

Jika Anda menginstall VERTRIGO di direktori C maka copykan isi folder SID ke C: PROGRAM FILES > VERTRIGOSERV > WWW
Jika Anda menginstall VERTRIGO di direktori selain C (misalnya di direktori D) maka copykan isi folder SID ke D: VERTRIGOSERV > WWW

5. Hidupkan/aktifkan aplikasi webserver Vertrigo. Shortcut aplikasi ini ada di desktop atau di Start Menu. Pastikan aplikasi sudah aktif dengan tanda “plus” (+) berwarna hijau yang tampak di panel bar sisi kanan bawah. Jika tanda “plus” (+) berwarna selain hijau; yakni merah, biru, atau kuning, berarti aplikasi webserver Anda tidak berfungsi normal/ada masalah.

6. Setelah aplikasi webserver Vertrigo aktif, buka web browser. Rekomendasi kami adalah Mozilla Firefox atau Chrome.

7. Setelah jendela web browser terbuka, ketik “localhost/install” (tanpa tanda kutip) pada kolom alamat website. Klik “Go” atau tekan “Enter”

8. Akan terbuka halaman Instalasi Aplikasi SID 2.1. Sila baca dan ikuti informasi panduan dalam halaman tersebut dan klik “Install” untuk melanjutkan.

9. Akan terbuka halaman isian nama database dan password. Isikan dengan:

Nama Database: sid
Password: vertrigo

Setelah terisi, klik “Install”

10. Jika instalasi berjalan lancar maka akan muncul notifikasi bahwa instalasi selesai dilakukan.

11. Untuk melihat hasil instalasi, ketik “localhost” (tanpa tanda kutip) di kolom alamat web browser. Akan terbuka halaman front-end website desa yang merupakan bagian dari aplikasi SID.

12. Untuk masuk ke dalam back-end dan melakukan olah data, ketik “localhost/siteman” (tanpa tanda kutip) di kolom alamat web browser. Isikan UserID dan password sebagai berikut:

UserID: admin
Password: combine

Setelah terisi, klik “Log In”

13. Akan terbuka halaman back-end dan aplikasi SID siap digunakan untuk olah data dan informasi desa. Panduan penggunaan aplikasi SID 2.1 disusun terpisah.

Selamat mencoba!