Setelah dua tahun waktu untuk pengembangan tahap awal dan ujicoba, Pemerintah Desa Terong dan COMBINE Resource Institution (CRI) berupaya untuk melakukan tahap sosialisasi yang lebih utuh dan menyeluruh. Sosialisasi ini ditujukan terutama kepada kelompok masyarakat Desa Terong sebagai subjek pembangunan desa. Diharapkan, seluruh kelompok warga, dari usia anak-anak hingga dewasa dan lanjut usia bisa memahami agenda pembangunan Desa Terong yang didukung dengan optimalisasi Sistem Informasi Desa (SID). Di luar itu, Desa Terong akan berupaya menjadi salah satu pusat belajar pengelolaan SID untuk pembangunan desa dan pengurangan risiko bencana bagi desa-desa dan kelompok lain yang memiliki minat dan perhatian.

Salah satu pengembangan manfaat dari adanya SID adalah penyiapan sistem ini sebagai sistem pendukung program pengurangan risiko bencana. Sistem informasi kependudukan yang ada saat ini secara umum fungsi dasarnya sudah mulai dapat digunakan untuk dijadikan data dasar perencanaan program-program pengurangan risiko bencana di tingkat desa. Pengembangan SID yang akan mencakup data aset dan sumber daya akan melengkapi kekayaan sistem ini untuk terus bisa dimanfaatkan dalam proses pengurangan risiko bencana. Desa Terong memiliki pengalaman mendalam sejak kejadian gempa bumi yang melanda D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah tahun 2006 silam. Kejadian itu memberikan pelajaran berharga tentang sistem pengelolaan data yang baik. Data dasar menjadi penting dalam hal ini karena terkait dengan kebutuhan dan dan informasi untuk perencanaan langah mitigasi yang kontesktual, pengelolaan tanggap darurat yang efektif dan efisien, serta pelaksanaan proses pemulihan hingga rehabilitasi dan rekonstruksi yang tepat sasaran. Tanpa adanya data dasar yang terhimpun dan terkelola dengan baik, prinsip di atas akan lebih sulit untuk diwujudkan.

Dalam tahun 2012 ini, bersama CRI, akan mulai dilakukan pula proses pembangunan jejaring pengembangan dan pemanfaatan SID di tingkat kabupaten yang mencakup seluruh wilayah kecamatan, belajar dari pengalaman Desa Terong. Tahap ini akan menjadi langkah lanjutan dari beberapa agenda sosialisasi SID sebelumnya di tingkat kabupaten.

Untuk itu semua, selama dua hari pada tanggal 12 – 13 Februari 2012 di Kompleks Balai Desa Terong di Kecamatan Dlingo, Bantul, D.I. Yogyakarta akan diselenggarakan satu acara bertajuk GEGER TERONG!. GEGER TERONG! akan digelar sebagai wahana kreatif dan terbuka bagi siapa saja yang berminat dan berkepentingan dengan pemanfaatan SID. Gelaran GEGER TERONG! akan diawali dengan penyelenggaraan lokakarya tingkat kabupaten. Lokakarya ini akan mengumpulkan kelompok di lingkungan desa dan supradesa, dari berbagai kelompok kerja, dalam satu kesempatan. Lokakarya ini akan memfokuskan topik bahasan pada agenda pengembangan dan pemanfaatan SID sebagai salah satu sarana untuk menguatkan agenda program pengurangan risiko bencana di tingkat desa dan kawasan.

Acara ini memiliki dua kelompok sasaran. Pertama, kelompok yang berasal dari lingkup Desa Terong. Mereka antara lain warga desa dari segala usai, perangkat pemerintahan RT hingga desa, dan perangkat lembaga kemasyarakatan desa. Kedua, kelompok dari luar lingkup Desa Terong. Mereka antara lain perangkat pemerintah Kecamatan Dlingo dan Kabupaten Bantul, serta pegiat lembaga swadaya masyarakat yang memiliki program dampingan di wilayah Bantul. Termasuk kelompok kedua adalah perwakilan pemerintah desa dari setiap kecamatan di Kabupaten Bantul. Kelompok kedua ini merupakan undangan untuk acara lokakarya yang akan diadakan di hari kedua. Jadwal selengkapnya adalah sebagai berikut:

Pukul

Kegiatan

Pelaksana/Penanggung Jawab

Minggu, 12 Februari 2012

20.00 – 21.30

Sosialisasi SID sebagai instrumen penunjang kualitas pelayanan dan pemerintahan Desa Terong

– COMBINE Resource Institution

– Pemerintah Desa Terong

21.30 – 23.00

Pertunjukan musik

– Karang Taruna “Mekar” Desa Terong

Senin, 13 Februari 2012

08.30 – 09.00

Pendaftaran ulang peserta lokakarya SID tingkat Kabupaten Bantul

– COMBINE Resource Institution

– Pemerintah Desa Terong

09.00 – 12.00

Lokakarya “Jaringan Informasi Sumber Daya Desa untuk Pengurangan Risiko Bencana”

Narasumber:

– Kepala Desa Terong

– COMBINE Resource Institution

– Kepala BPBD Kabupaten Bantul

– Sudirman Alfian

– Akhmad Nasir

– Drs. Dwi Daryanto, M.Si

Lomba Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat (PPGD) untuk siswa sekolah dasar

– Karang Taruna “Mekar” Desa Terong

12.00 – 13.00

Istirahat

13.00 – 17.00

Pertunjukan tradisional Jathilan

Pemerintah Desa Terong

17.00 – 19.00

Istirahat

19.30 – 20.30

Penayangan video (layar tancap)

COMBINE Resource Institution

20.30 – 23.00

Pertunjukan wayang kulit

Pemerintah Desa Terong

.

Kontak dan informasi acara kegiatan dapat menghubungi:

Elanto Wijoyono
Koordinator Program Lumbung Komunitas
COMBINE Resource Institution

e-mail: joyo[at]combine.or.id
mobile: 0815 7865 8586