Menemukenali Akar Kemiskinan

Upaya pengurangan kemiskinan masih menjadi agenda vital bagi Indonesia, secara khusus bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul di Daerah Istimewa Yogyakarta. Perkumpulan IDEA sebagai lembaga yang mengabdikan sumber daya untuk turut memajukan pemenuhan hak ekonomi, sosial, budaya melalui peningkatan partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas proses perencanaan penganggaran menjadi bagian pemangku kepentingan upaya pengurangan kemiskinan. Salah satu mitra strategis Perkumpulan IDEA adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul. Kemitraan ini pula yang akhirnya mewujud dalam rangkaian proses yang melahirkan Pedoman Umum Analisis Kemiskinan Partisipatif (selanjutnya disebut ‘Pedum AKP’) ini.

Pedum AKP ini dikembangkan bersama Tim Pendataan Kemiskinan Desa bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul, dalam hal ini TKPKD Kabupaten Gunungkidul. Sebagai salah satu cerminan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul dalam proses percepatan penanggulangan kemiskinan, Pedum AKP ini merupakan hasil proses belajar partisipatif di Kabupaten Gunungkidul yang dilakukan di dua desa pada Juni 2009 s.d. Februari 2011 dan dilanjutkan di enam desa pada Oktober 2011 hingga Januari 2013 dan direncanakan tuntas September 2013.

Pedum AKP ini ditujukan untuk menyediakan petunjuk dan informasi latar belakang bagi para pendata kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul. Untuk itu, pedoman ini menguraikan prosedur pendataan secara terperinci mulai dari pembentukan tim, pengembangan indikator lokal sampai dengan analisis akhir dan penerapan hasil pendataan.

Saat ini pemerintah pusat sudah mempunyai sistem dan melakukan pendataan kemiskinan melalui Badan Pusat Statistik (BPS). Sistem dan pendataan ini dikelola oleh TNP2K. Karenanya, mungkin akan ada pihak yang mempertanyakan perlunya pendataan kemiskinan lokal ini. Hasil pendataan lokal ini ke depan akan menjadi data pelengkap untuk data yang telah dihasilkan oleh pemerintah pusat. Selain itu, dengan adanya otonomi daerah maka daerah mempunyai kewenangan untuk mengembangkan sumberdaya yang ada untuk pembangunan dan penanggulangan kemiskinan. Oleh karenanya, pemerintah daerah didorong untuk dapat mengidentifikasi masalah dan prioritas kebutuhan di daerah agar sumberdaya yang ada dapat dimanfatkan dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, meskipun dirumuskan sesuai dengan karakteristik lokal, indikator yang digunakan dalam Pedum AKP ini dapat dimanfaatkan secara luas. Hal ini dimungkinkan karena indikator dalam Pedum AKP ini diturunkan dari 14 (empat belas) indikator BPS yang diselaraskan dengan keadaan di Kabupaten Gunungkidul. Latar ini membuat data hasil pendataan yang mengacu pada Pedum AKP ini dapat digunakan lintas pihak (stakeholder) di Kabupaten Gunungkidul.

Dalam pengalaman Kabupaten Gunungkidul, penyusunan Pedum AKP ini tidak lepas dari kerja dua program yang diampu IDEA dengan dukungan para mitra. Yang pertama, ‘Pengembangan Praktik Baik Partisipasi Perempuan Di Tingkat Akar Rumput dan Kelompok Marginal Dalam Lembaga Pengambil Keputusan Di Tingkat Desa dan Kecamatan Untuk Pemenuhan Hak Dasar Kesehatan, Pendidikan, dan Pangan’ yang didukung oleh Ford Foundation melalui Perhimpunan Peningkatan Keberdayaan Masyarakat (PPKM / ACE / Association for Community Empowerment). Program ini dilaksanakan dalam kemitraan dengan Pemerintah Desa Nglegi, Kecamatan Patuk dan Desa Girikarto, Kecamatan Panggang selama Juni 2009 s.d. Februari 2011. Program kedua adalah ‘Penguatan Partisipasi, Koordinasi Program Pengurangan Kemiskinan, dan Pengembangan Sistem Informasi yang Transparan dan Terpadu yang Aksesibel bagi Kelompok Miskin di Kabupaten Gunungkidul’. Program ini dilaksanakan dalam kemitraan dengan enam pemerintah desa di Nglegi, Nglanggeran, Beji di Kecamatan Patuk serta Girikarto, Girimulyo, dan Girisuko di Kecamatan Panggang. Dengan dukungan dari Ford Foundation, program ini dimulai Oktober 2011 dan direncanakan tuntas pada September 2013. Kedua rancangan upaya ini pada akhirnya juga dipadukan dengan kerja Perkumpulan IDEA dalam Program Aliansi Strategis untuk Penanggulangan Kemiskinan (SAPA / Strategic Alliance for Poverty Alleviation) yang didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat bersama Perkumpulan Komite Kemitraan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan dan Ford Foundation.

Secara rinci, Pedum AKP ini merupakan sari dari hasil diskusi dalam proses-proses berikut ini :

.
1. Pelatihan AKP, 8-10 Mei 2012 di Hotel Museum Batik, Yogyakarta
2. FGD Penyusunan Pedum AKP di tingkat kabupaten, 29 Juni 2012 di Kantor Bappeda Kabupaten Gunungkidul
3. FGD Penyusunan Pedum AKP bersama Perwakilan Desa Nglegi dan Desa Girikarto, 11 Desember 2012 di Gedung Sewokoprojo, Kabupaten Gunungkidul
4. FGD I Finalisasi Pedum AKP bersama SKPD dan TKPKD Kabupaten Gunungkidul, 10 Januari 2013 di Joglo Mangun Semitan, Kabupaten Gunungkidul
5. FGD II Finalisasi Pedum AKP bersama SKPD dan TKPKD Kabupaten Gunungkidul, 21 Januari 2013 di Kantor Bappeda Kabupaten Gunungkidul

.

Dalam kerangka alur ideal kerja program, Pedum AKP ini direncanakan untuk melalui proses Lokakarya TKPKD untuk Pengembangan Sinkroniasi Data Kemiskinan, Lokakarya Pengembangan Indikator Kemiskinan, serta FGD Pengembangan Indikator Kemiskinan Spasial tingkat Desa dan Kecamatan. Namun menimbang kemanfaatan seiring dengan kalender dan daur perencanaan penganggaran, kami sajikan Pedum AKP hasil pengayaan rangkaian 5 (lima) kegiatan tersebut di atas agar bisa segera dimanfaatkan.

Meskipun penyusunan Pedum AKP ini sudah diupayakan separtisipatif mungkin, pasti masih banyak kekurangan. Masukan dari para pihak akan sangat berguna untuk perbaikan demi lebih baiknya kemanfaatan alat ini.

Tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung terwujudnya Pedum AKP ini. Semoga alat sederhana ini bisa menjadi sumbangan bermakna bagi lebih efektifnya upaya pengurangan kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

.

Yogyakarta, 31 Januari 2013

.

Wasingatu Zakiyah
Direktur IDEA

.

.

Pedoman Umum Analisis Kemiskinan Partisipatif (AKP)

.

Daftar Isi:

.

Daftar Akronim – 4
Kata Pengantar – 6

PENDAHULUAN – 9
PEMAHAMAN AKP – 10
PENGORGANISASIAN AKP – 13
PELAKSANAAN AKP – 14
PENGANGGARAN PELAKSANAAN AKP – 18
PENUTUP – 19

DAFTAR PUSTAKA – 20
LAMPIRAN – 21

Formulir Pendataan Kemiskinan Kabupaten Gunungkidul 21
Formulir Panduan Pendataan Kemiskinan Kabupaten Gunungkidul 27
Panduan Operasional Pendataan Kemiskinan Kabupaten Gunungkidul 33

.

Penyusun:
1. Aripin
2. Sarjiyo
3. Triwahyuni Suci Wulandari
4. Bambang Hery Purwanto
5. Hernindya Wishnuadji

.

Disusun dengan dukungan Ford Foundation.
Gagasan dalam buku ini tidak selalu mencerminkan pendapat Ford Foundation.

Bahan belajar ini bisa dikutip, disalin, dan digandakan dengan menyebutkan sumber, untuk kepentingan pendidikan rakyat dan bukan untuk kepentingan komersial.

.

Perkumpulan IDEA
Jl. Kaliurang KM 5 Gang Tejomoyo CT III / 3
Yogyakarta 55281 Indonesia
Telp. / fax +62-274-583900
E-mail : idea[at]ideajogja.or.id, ideaideajogja[at]gmail.com
Web site : www.ideajogja.or.id

.

Unduh dokumen 2013 – Pedoman Umum AKP (IDEA) (.pdf 200 Kb)