Senin 8 April 2013, tim program Lumbung Komunitas COMBINE Resource Institution (CRI) melakukan sosialisasi pembangunan Sistem Informasi Kampung (SIK) di Kawasan Code, Yogyakarta. Kegiatan ini digelar sebagai kerja bersama antara COMBINE Resource Institution dengan komunitas warga di bantaran Kali Code, Kota Yogyakarta serta pegiat IDEA. Dalam kerangka gelaran Kali Code Festival, sebuah inisiasi pembangunan Sistem Informasi Kampung (SIK) dilakukan di dua wilayah kelurahan, yakni Kelurahan Gowongan dan Kelurahan Jetisharjo, Jetis, Yogyakarta. Proses ini merupakan upaya replikasi pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID) untuk konteks perkotaan, dalam hal ini untuk tingkat RT di kampung kota.

Proses instalasi dan pemanfaatan aplikasi SID untuk satu RT di wilayah Jogoyudan, Gowongan, Yogyakarta telah dilakukan pada tanggal 16 Desember 2013 lalu. Tim RT setempat telah melakukan proses entry data ke dalam aplikasi SID selama 3 bulan. Bulan April 2013 ini, sebuah forum untuk sosialisasi inisiatif pembangunan SIK di wilayah bantaran Kali Code pun dilakukan. Kegiatan ini mengundang perwakilan RT dari 30 RT di wilayah Kelurahan Gowongan dan Kelurahan Jetisharjo yang menjadi kelompok sasaran sosialisasi. Namun, peserta yang hadir juga meliputi beberapa kampung dari wilayah keluarhan lain di Kota Yogyakarta. Oleh karena ini adalah kerja bersama maka sesi presentasi dilakukan secara gotongg-royong oleh tim CRI dan pegiat SIK – Kali Code Fest. Pada acara yang digelar di Gedung Grapari Telkomsel Lantai 4 Jl. Jenderal Sudirman No. 60 Yogyakarta ini,  sebagian besar perwakilan RW / RT / Kampung tertarik untuk terlibat dalam inisiatif pembangunan SIK. Namun, disebabkan oleh sebagian besar perwakilan RT yang hadir adalah generasi tua, maka mereka meminta ada pertemuan lanjutan yang bisa melibatkan kelompok muda dari setiap RT atau kampung. Hal itu disepakati dan disanggupi oleh pegiat Kali Code Fest yang akan melakukan peran koordinasi dalam kegiatan tindak lanjut berikutnya bersama CRI. Kegiatan berikutnya akan dilakukan di tingkat kampung/RT dengan proses awal pembangunan SIK sebagaimana proses pembangunan SID yang telah diterapkan di sejumlah daerah di D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Kegiatan yang dilakukan dengan jaringan komunitas warga di kawasan Code, Yogyakarta merupakan langkah baru dalam penerapan SID. SID oleh CRI mulai tahun 2013 ini akan dicoba untuk diterapkan dalam konteks wilayah dan komunitas yang berada perkotaan. Proses yang telah dijalani di wilayah Jogoyudan, Gowongan adalah ujicoba pertama. Tahap berikutnya akan melibatkan jaringan RT / RW / kampung yang berada di kawasan bantaran Kali Code di wilayah Kelurahan Gowongan dan Kelurahan Jetisharjo. Namun, dalam pertemuan terakhir, ternyata ada beberapa kampung lain yang juga tertarik dengan proses ini. Tim CRI akan fokuskan proses pendampingan ini kepada komunitas di bantaran Kali Code terlebih dahulu. Komunitas lain dari kampung atau wilayah di luar bantaran Kali Code akan dikelola dalam tahap kegiatan berikutnya. Namun, dalam setiap tahap kegiatan di wilayah Code, pegiat dari kampung-kampung di wilayah lain juga bisa terlibat dalam proses yang berjalan. Selain penerapan SID, kegiatan di kawasan Code juga akan menjadi ajang pelaksanaan program kolaboratif lintas divisi kerja di CRI. SID akan menjadi tahap awal yang kemudian akan ditindaklanjuti dengan pengembangan program yang melibatkan unsur-unsur dari empat program/pilar utama CRI, yakni Lumbung Komunitas, Suara Komunitas, Pasar Komunitas, dan Tikus Darat.

(Elanto Wijoyono)