Bappeda Kabupaten Temanggung sejak tahun 2012 telah memantau proses ujicoba pembangunan Sistem Informasi Desa (SID) oleh COMBINE Resource Institution (CRI) di Kabupaten Temanggung. Berdasarkan proses yang telah dijalankan di empat kecamatan, yang meliputi Kecamatan Bejen, Gemawang, Bulu, dan Kedu itu diputuskan bahwa perlu ada program percontohan yang lebih fokus. Program percontohan ini diputuskan untuk diterapkan di Kecamatan Bulu yang dinilai siap, baik dari sisi infrastruktur maupun kesiapan jaringan kerja pemerintah desanya. Program ini akan dikolaborasikan dengan program penyelenggaraan Universal Service Obligation (USO) Indonesia yang difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Yogyakarta.

Program USO Indonesia merupakan program yang mewajibkan penyelenggar telekomunikasi di Indonesia memberikan kontribusi pelayanan universal telekomunikasi kepada masyarakat. Layanan itu diwujudkan dalam 7 paket yang terdiri dari 11 Wilayah Pelayanan Universal Telekomunikasi (WPUT) yang mencakup 33.258 desa di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, 100 desa di antaranya adalah “Desa Pintar” yang telah memiliki akses internet. Provinsi Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Temanggung, termasuk dalam salah satu wilayah sasaran program USO Indonesia ini. Ada alokasi untuk 20 desa di wilayah Kabupaten Temanggung yang siap difasilitasi oleh BPPKI Yogyakarta. Oleh Bappeda Kabupaten Temanggung, ke-20 desa itu kemudian ditetapkan untuk difokuskan di satu wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Bulu. Hal ini diputuskan bersama CRI sebagai salah satu langkah untuk mempermudah optimalisasi program USO dan memperbesar peluang pengembangan jaringan SID dalam satu wilayah.

CRI dan BPPKI Yogyakarta telah melakukan seri pertemuan koordinasi untuk persiapan pelaksanaan kolaborasi ini. Target BPPKI untuk melakukan pelatihan pengelolaan website desa, penyelenggaraan website desa, dan penyelenggaraan akses internet di desa akan diperkaya dengan penerapan SID sebagai bagian dari sistem informasi yang dibangun dalam payung program USO Indonesia. CRI juga menaruh komitmen untuk meneruskan proses pendampingan pascaprogram USO dengan tahap-tahap pengembangan pemanfaatan SID untuk desa dan jaringannya di supradesa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung dan jaringan pemerintah desa setempat.

Sebagai langkah pemantapan program, seluruh rencana ini akan dipresentasikan kepada Bupati Temanggung Hasyim Affandi pada hari Senin, 6 Mei 2013. Presentasi akan dilakukan oleh tim CRI dan BPPKI di Ruang Gajah, Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung. Pertemuan ini difasilitasi oleh Bappeda Kabupaten Temanggung yang sejak awal telah membangun arah pengembangan konsep e-gov melalui SID. Selain tim CRI dan BPPKI, akan hadir juga sejumlah perangkat pemerintah desa dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Temanggung. Perwakilan Pemerintah Desa Kandangan akan hadir memberikan paparan pengalaman sebagai desa perintis SID di Kabupaten Temanggung sejak tahun 2011.