Sejak pertengahan tahun 2012, Kecamatan Bulu adalah salah satu wilayah di Kabupaten Temanggung yang disiapkan untuk percontohan pembangunan dan penerapan Sistem Informasi Desa (SID). Beberapa desa dari total 19 desa di kecamatan tersebut telah menerapkan SID. Namun, beberapa desa yang lain belum kunjung menerapkannya, akibat sejumlah faktor, baik yang bersifat teknis (perangkat kerja) maupun kelembagaan. Pada tahun 2013 ini Pemerintah Kabupaten Temanggung berupaya agar proses penerapan SID di Kecamatan Bulu bisa berkembang maju.

  

Ada beberapa program yang dikolaborasikan oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung bersama tim COMBINE Resource Institution (CRI). Pertama, memfokuskan sasaran program Universal Service Obligation (USO) Indonesia dari Kementerian Komunikasi dan Informasi ke 19 desa di Kecamatan Bulu. Kedua, mendukung program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Akademi Komunitas Temanggung di 19 desa di Kecamatan Bulu. Program PKL ini sudah akan dimulai pada minggu III Juni 2013 ini, lebih cepat 2 minggu daripada program USO Indonesia. Oleh karena itu, proses pembekalan kepada mahasiswa PKL perlu dilakukan untuk memberikan pengetahuan yang utuh tentang proses pembangunan dan penerapan SID.

Pelatihan SID untuk tim mahasiswa PKL Akademi Komunitas Temanggung digelar pada hari Selasa, 25 Juni 2013 siang-sore di kompleks SMKN 1 Temanggung. Ada 21 mahasiswa dari lembaga pendidikan di luar domisili dari sub-kampus Politeknik Negeri Jember yang hadir dalam pelatihan. Tim CRI dari Yogyakarta datang langsung ke Temanggung sebagai fasilitator pelatihan. Pelatihan diawali dengan paparan pendahuluan tentang sejarah dan konsep SID dan kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi penggunaan aplikasi SID versi 3.0. Selanjutnya, mahasiswa PKL Akademi Komunitas dilatih untuk melakukan proses instalasi aplikasi SID 3.0. Proses pelatihan dapat berjalan lancar dan dinamis hingga diakhiri pada pk 17.00.

Agenda lanjutan dari pelatihan ini akan dilakukan dalam beberapa tahap selama program PKL berjalan. Dalam minggu ini, mahasiwa PKL Akademi Komunitas diharapkan dapat melakukan observasi di desa masing-masing. Observasi ini dilakukan untuk mengetahui peta kapasitas sumber daya manusia (terutama staf pemerintahan desa) dalam penguasaan teknologi informasi (komputer). Selain itu, observasi juga ditujukan pada perangkat kerja dan sistem informasi apa yang sudah ada di setiap desa. Bagian penting yang harus diobservasi pula ada ketersediaan data dasar yang akan dihimpun untuk dimasukkan ke dalam aplikasi SID. Setelah observasi, mahasiswa PKL diharapkan dapat melakukan proses instalasi atau upgrade aplikasi SID di desa masing-masing, dilanjutkan dengan proses entry data dasar atau migrasi data. Pada Minggu I/II Juli 2013, program USO Indonesia direncanakan sudah mulai berjalan, sehingga kegiatan lanjutan seperti pelatihan website desa bisa dilakukan.

(Elanto Wijoyono)