Selama bulan Juli – Agustus 2013, Desa Kandangan, Temanggung kembali menerima program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Sebanyak 16 mahasiswa putri dan 5 mahasiswa putra dari berbagai fakultas dan program studi di UGM mulai diterjunkan pada hari Selasa, 2 Juli 2013. Acara penerimaan tim mahasiswa KKN ini dilakukan dua kali, yakni di Kantor Kecamatan Kandangan dan di Kantor Desa Kandangan.

Kepala Bidang Statistik dan Litbang Bappeda Temanggung Danang Purwanto yang menjadi penanggung jawab program KKN di wilayah Kabupaten Temanggung berharap program KKN ini bisa berperan di beberapa bidang kegiatan. Hadir dalam acara di Kantor Desa Kandangan bersama tim COMBINE Resource Institution (CRI), beliau mendorong agar salah satu program yang bisa dilakukan oleh tim mahasiswa KKN adalah mendukung pengembangan SID Kandangan. SID Kandangan telah disiapkan sebagai percontohan pengembangan yang antara lain akan diarahkan ke isu pemanfaatan untuk penanggulangan kemiskinan.

Usai acara sambutan di Kantor Desa Kandangan, tim CRI yang diwakili oleh Elanto Wijoyono menggelar satu sesi kegiatan sosialisasi SID sebagai langkah pembekalan awal kepada tim mahasiswa KKN UGM ini. Walaupun mereka baru saja tiba dari perjalanan dan mengikuti dua acara seremonial penerimaan program KKN, tapi semua mahasiswa cukup serius mengikuti proses diskusi yang berlangsung sekitar setengah jam. Bersama tim CRI ikut hadir Bambang Hery P. dari Perkumpulan IDEA Yogyakarta yang memaparkan gagasan dan pengalaman praktik pengembangan SID untuk mendukung program penanggulangan kemiskinan yang telah diterapkan di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Program KKN UGM ini akan berlangsung dari tanggal 2 Juli 2013 hingga 31 Agustus 2013. Selama bulan Ramadhan dan libur Lebaran, program KKN tidak libur, sehingga mereka akan tetap berada di desa. Sekretaris Desa Kandangan Tarodin berharap dukungan mahasiswa KKN UGM dalam pengembangan SID dapat berjalan optimal. Dalam minggu pertama KKN, mereka akan dipandu oleh tim staf pemerintah desa untuk mengenal lebih jauh program penerapan SID yang telah berjalan. Kepala Urusan Pembangunan Pemerintah Desa Kandangan Taufikur Rochman akan memfasilitasi proses pengenalan SID dan pengkoordinasikan rencana pengembangan SID selanjutnya dengan tim mahasiswa KKN.

(Elanto Wijoyono)