Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Temanggung pada hari Senin, 3 Maret 2014 mengundang perwakilan 19 desa dari Kecamatan Bulu untuk mengikuti pertemuan di kantor Dishubkominfo Kabupaten Temanggung. Pertemuan ini bertujuan untuk evaluasi antara dan mengkoordinasikan proses pembangunan Sistem Informasi Desa (SID) yang telah berjalan di 19 desa di wilayah Kecamatan Bulu. Sejak bulan Desember 2013, tim COMBINE Resource Institution membantu memfasilitasi proses pelatihan dan penerapan SID versi 3.0 bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung. Pelatihan itu kemudian ditindaklanjuti dengan penerapan SID 3.0 di desa-desa peserta program, plus Desa Kandangan di Kecamatan Kandangan yang telah menerapkan SID terlebih dahulu. Dishubkominfo yang ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung sebagai pelaksana teknis kegiatan dengan supervisi dari Bappeda Kabupaten Temanggung memberikan target penyelesaian basis data kependudukan pada bulan Januari – Februari 2014. Pada per Maret 2014, seluruh basis data kependudukan dari desa-desa penerap SID itu telah selesai terinput ke dalam sistem. Langkah berikutnya, yang sejak bulan Desember 2013 juga telah disiapkan secara paralel, adalah membangun jaringan data desa berbasis SID secara online.

Pertemuan dimulai pada pukul 09.00 di kantor Dishubkominfo Kabupaten Temanggung. Tim COMBINE diwakili oleh Elanto Wijoyono sebagai fasilitator program dan Kadon Riz Himawan sebagai tim pengembang aplikasi SID. Turut pula dalam pertemuan ini, Muhammad Kholillurohman, sebagai relawan teknologi informasi yang membantu proses pembangunan jaringan data SID di Kabupaten Temanggung. Pertemuan diikuti oleh perwakilan 19 desa dari Kecamatan Bulu, yang meliputi para operator SID dari desa masing-masing. Hasan Darajat dari Dishubkominfo Kabupaten Temanggung memimpin pertemuan yang berlangsung cukup efektif hingga pukul 11.00.

Membangun Jaringan SID Antar Desa dan Kabupaten

Tim Dishubkominfo Kabupaten Temanggung yang memimpin acara mengawali pertemuan dengan meminta informasi perkembangan terkini penerapan SID dari setiap perwakilan desa yang hadir. Hal yang diminta untuk dilaporkan dari setiap desa adalah proses pembangunan basis data kependudukan yang telah berjalan dan catatan proses yang ditemui. Secara umum, proses yang berjalan di desa-desa peserta program tidak ada kendala. Semua desa peserta program dapat melakukan proses input data kependudukan. File basis data kependudukan dari setiap desa pun telah terhimpun di Dishubkominfo untuk kemudian siap diunggah ke SID versi online.

Diskusi selanjutnya fokus pada persiapan penerapan SID online sebagai website desa. Hasan Darajat memberikan informasi tentang syarat-syarat pengelolaan website desa dan biaya yang diperlukan oleh desa untuk mengelola sistem online pada tahun pertama ini. Sesuai dengan koordinasi teknis sebelumnya, Dishubkominfo Kabupaten Temanggung pada tahun 2014 ini belum bisa menyediakan server sendiri dengan infrastruktur Pemerintah Kabupaten Temanggung. Server tersebut akan disiapkan pada tahun anggaran berikutnya. Sementara server di pemerintah kabupaten dipersiapkan, Dishubkominfo Kabupaten Temanggung akan mengelola SID online di server dari layanan penyedia jasa internet swasta di Yogyakarta. Biaya paket hosting per desa dibebankan kepada pemerintah desa masing-masing. Sementara, domain dan pembiayaannya telah didaftarkan di Pemerintah Kabupaten Temanggung dengan format http://namadesa-namakecamatan.temanggungkab.go.id.

Usai pertemuan formal ditutup, tim COMBINE melanjutkan diskusi tentang teknis aplikasi SID 3.1 bersama beberapa perwakilan desa yang tertarik berdiskusi lebih lanjut. Review teknis aplikasi dilakukan, terutama pada fungsi penampilan data hasil olahan dan fungsi surat. Tim COMBINE mencoba mempelajari beberapa format surat dan dokumen olah data dari perwakilan desa yang hadir. Secara umum, data yang diolah oleh setiap pemerintah desa di semua daerah itu sama, tetapi format dokumennya bisa jadi ada perbedaan. Hal tersebut yang sering menjadikan kesesuaian format olah data di SID sering tidak bisa selalu sama persis dengan format olah data yang ada di setiap daerah. Catatan teknis dari pertemuan di Temanggung ini akan dihimpun dengan catatan teknis dari wilayah penerapan lainnya sebagai referensi pengembangan SID ke depan.

Rekomendasi Tindak Lanjut Program

Dishubkominfo Kabupaten Temanggung kini telah mengelola langsung jaringan SID dari 20 desa secara online. Selain website desa, tim ini juga mengelola langsung sistem informasi supradesa yang telah disiapkan di http://sid-temanggung.net/. Admin sistem online SID ini dikelola langsung oleh Hasan Darajat dari Dishubkominfo Kabupaten Temanggung. Dalam pertemuan ini, beberapa hal teknis dalam pengelolaan database secara online kembali dilatihkan oleh tim COMBINE kepada tim Dishubkominfo. Selanjutnya, manajemen SID dan database desa secara online ini akan dikoordinasikan bersama oleh tim Dishubkominfo Kabupaten Temanggung dengan forum operator SID yang dibentuk dari perwakilan 20 desa peserta program (19 desa dari Kecamatan Bulu dan 1 desa dari Kecamatan Kandangan). Dishubkominfo Kabupaten Temanggung akan terus berkoordinasi dengan COMBINE dalam proses manajemen sistem, upgrade aplikasi, dan fasilitasi pemanfaatan SID di desa. Pada tahap ini, Dishubkominfo Kabupaten Temanggung akan melanjutkan proses ujicoba pengelolaan jaringan SID online, baik di tingkat desa maupun supradesa, sembari menanti persiapan upgrade aplikasi SID pada bulan April 2014.

Agenda pelatihan pengelolaan website desa sebagai tindak lanjut dari penerapan SID di lokal masih harus menanti keputusan perencanaan anggaran di Pemerintah Kabupaten Temanggung. Sebenarnya, agenda pelatihan website desa ini sudah diagendakan sejak tahun 2013 dengan memanfaatkan skema program USO Indonesia dari Kementerian Komunikasi dan Informasi. Namun, program nasional ini masih menghadapi kendala dalam manajemen, sehingga Pemerintah Kabupaten Temanggung harus menanti kepastian kelanjutannya dan sekaligus menyiapkan rencana anggaran daerah untuk kegiatan ini. Namun, proses persiapan anggaran daerah untuk agenda ini masih belum lancar berjalan sejak adanya pergantian pimpinan kabupaten pada pertengahan tahun 2013 lalu. Tim COMBINE pada prinsipnya siap untuk memberikan fasilitasi pelatihan pengembangan dan pemanfaatan SID, baik di tingkat lokal maupun online bersama tim Pemerintah Kabupaten Temanggung. Sementara proses program bersama belum bisa dijalankan, tim COMBINE akan fokus pada pendampingan Desa Kandangan dan Desa Mondoretno dalam diskusi-diskusi pemanfaatan SID. Pada lingkup yang lebih luas, tim COMBINE akan terus berkoordinasi dengan forum operator SID se Kecamatan Bulu bersama Dishubkominfo Kabupaten Temanggung.

* Lihat album foto kegiatan di sini.

(Elanto Wijoyono)