Workshop Review Pemanfaatan SID dan Penguatan Implementasi Konsep Desa Bersaudara berlangsung pada hari Kamis, 22 Mei 2014 bertempat di Gedung Serba Guna Desa Jumoyo. Pada kesempatan ini Kepala Desa Jumoyo, Bapak Sungkono berharap dengan adanya workshop ini penggunaan SID di tingkat desa bisa lebih tertata, tersusun dan dapat dimanfaatkan secara lebih baik. Lebih jauh, Bapak Sungkono juga mengharapkan kedepannya SID dapat menjadi web desa yang bisa menjangkau seluruh kalangan masyarakat baik yang berdomisili di Desa Jumoyo maupun berada di luar Desa Jumoyo.

Pemanfaatan SID sebagai alat/ sistem pendukung untuk membangun ketangguhan desa melalui pengolahan data dan informasi yang baik, sehingga siap digunakan untuk pelayanan publik dan pengambilan keputusan, termasuk di situasi darurat.

Tujuan dari workshop ini diantaranya memetakan proses pembangunan/ penerapan SID yang telah berjalan di tingkat desa, memetakan kebutuhan data dan informasi tambahan untuk mendukung penerapan konsep desa bersaudara, dan membentuk tim kerja serta merumuskan rencana standar operasional dan prosedur untuk penerapan SID yang bisa diterapkan baik pada situasi normal maupun darurat.

Menurut Nur Fuad, Kaur Keuangan Desa Jumoyo, pelayanan di Desa Jumoyo hampir 70% sudah memanfaatkan SID, selebihnya masih menggunakan cara konvensional, misal pembuatan KTP dan KK. Minimnya SDM dan kurangnya perhatian dari aparat desa maupun masyarakat Desa Jumoyo menjadi kendala tersendiri dalam penerapan SID. Diharapkan, kedepannya seluruh elemen masyarakat baik aparat desa, komunitas media, maupun warga dapat saling bekerja memajukan SID di Desa Jumoyo.

.

Sumber: http://jumoyo-magelang.info/index.php/first/artikel/80