1. Latar Belakang

Lembaga OXFAM Makkasar saat ini tengah menjalankan program Restoring Coastal Livelihood (Restorasi Penghidupan Pesisir). Program ini menjalankan aktivitas perbaikan kualitas hidup masyarakat di pesisir yang berada di empat wilayah kabupaten di Sulawesi Selatan. Kegiatan yang dilakukan meliputi perbaikan sumber penghasilan keluarga, peningkatan partisipasi warga dalam pembangunan desa, dan rehabilitasi mangrove. Selain kegiatan itu, OXFAM Makassar juga memiliki target program pembangunan sistem informasi desa dalam tahun ini. Sistem informasi desa direncanakan dibangun untuk memperbaiki kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Sistem ini juga diarahkan untuk meningkatkan komunikasi serta akses dua arah antara desa dengan pihak luar desa.

Berdasarkan kebutuhan program tersebut, tim OXFAM Makassar merencanakan kunjungan ke Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk mempelajari pengalaman penerapan Sistem Informasi Desa (SID) yang difasilitasi oleh COMBINE Resource Institution (CRI). Kunjungan belajar ini akan diikuti oleh desa-desa peserta program yang difasilitasi oleh OXFAM di Sulawesi Selatan. Kunjungan akan dilakukan di desa-desa yang sedang atau akan menerapkan SID untuk mengetahui pengalaman proses penerapan, pengelolaan, dan dampak yang didapatkan selama ini. OXFAM Makassar kemudian meminta kesediaan CRI untuk memfasilitasi kunjungan belajar tersebut. Tim OXFAM Makassar kemudian telah melihat langsung pula empat desa yang diarahkan dijadikan tujuan kunjungan belajar yang direncanakan akan diselenggarakan usai libur lebaran tahun 2014 ini. Empat desa yang dikunjungi adalah Desa Terong dan Desa Gilangharjo di Bantul, D.I. Yogyakarta dan Desa Balerante dan Desa Sidorejo di Klaten, Jawa Tengah.

Usai kunjungan awal tim OXFAM Makassar tersebut, kemudian disepakati bahwa agenda kunjungan belajar desa-desa dari Sulawesi Selatan itu akan diadakan pada tanggal 17 – 20 September 2014. Berdasarkan agenda tersebut, CRI kemudian mempersiapkan tim kerja untuk memfasilitasi kegiatan ini. Tim yang dibentuk meliputi pegiat program Lumbung Komunitas CRI yang selama ini memfasilitasi penerapan SID di empat desa tujuan belajar.

2. Tujuan Kegiatan

1. Memberikan gambaran dan contoh kasus praktik penerapan SID di empat desa, baik pada ranah teknis maupun ranah kebijakan, kepada peserta program kunjungan belajar dari Sulawesi Selatan yang difasilitasi oleh OXFAM Makassar.
2. Membantu desa-desa peserta kunjungan belajar untuk dapat memahami secara utuh proses dan bentuk kegiatan dalam inisiasi, implementasi, dan pengembangan SID di tingkat desa.
3. Menyediakan ruang diskusi untuk membangun pemahaman tentang konsep relasi antara penerapan SID di tingkat desa dengan pengembangan dan penerapan sistem informasi di tingkat supradesa, dengan desa sebagai subjek.
4. Memberikan bahan informasi dan pengetahuan yang utuh untuk persiapan kerja sama penerapan SID di wilayah program OXFAM Makassar di Sulawesi Selatan

3. Agenda Kegiatan

Kunjungan belajar desa-desa peserta program RCL OXFAM dari Sulawesi Selatan akan diselenggarakan pada tanggal 17 – 20 September 2014. Kegiatan ini akan difasilitasi oleh CRI pada aspek isi/konten acara. Agenda kunjungan tersebut adalah sebagai berikut:

a. Welcome Dinner

Waktu dan tempat:
– Rabu, 17 September 2014 pk 19.00 – 21.00 di Combine Resource Institution (CRI) Jl. K.H. Ali Maksum No. 183 Panggungharjo, Sewon, Bantul, D.I. Yogyakarta
Agenda:
– Pembukaan dan perkenalan
– Makan malam
– Sambutan Diretur CRI dan Perwakilan OXFAM Makassar
– Paparan agenda program kunjungan belajar
Peserta:
– Tim Combine Resource Institution
– Tim OXFAM Makassar
– Perwakilan desa-desa dampingan OXFAM Makassar dari 4 kabupaten di Sulawesi Selatan

b. Kunjungan ke Desa

Waktu dan tempat:
– Kamis, 18 September 2014 pk 09.00 – 13.00 di Kantor Desa Balerante, Kemalang, Klaten
– Kamis, 18 September 2014 pk 14.00 – 16.30 di Kantor Desa Sidorejo, Kemalang, Klaten
– Kamis, 18 September 2014 pk 17.00 – 19.30 di Radio Komunitas Lintas Merapi FM, Deles, Sidorejo, Kemalang, Klaten
– Jumat, 19 September 2014 pk 09.00 – 13.00 di Kantor Desa Terong, Dlingo, Bantul dan Radio Komunitas MSP FM
– Jumat, 19 September 2014 pk 14.00 – 16.00 di Kantor Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul
Agenda:
– Presentasi tentang pengalaman proses pembangunan dan penerapan SID
– Demo pemanfaatan SID di kantor desa
– Diskusi pemanfaatan SID
– Diskusi pemanfaatan radio komunitas
Narasumber:
– Kepala Desa
– Tim Pengelola SID Desa setempat
– Tim radio komunitas
Peserta:
– Staf pemerintah desa setempat
– Perwakilan lembaga kemasyarakatan desa setempat
– Tim Combine Resource Institution
– Tim OXFAM Makassar
– Perwakilan desa-desa dampingan OXFAM Makassar dari 4 kabupaten di Sulawesi Selatan

c. Workshop: SID untuk Kemandirian Desa

Waktu dan tempat:
– Jumat, 19 September 2014 di Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul
Agenda:
– Presentasi tentang strategi pembangunan visi kemandirian desa dengan dukungan pemanfaatan jaringan informasi, dilihat dari 2 tingkat kebijakan:
— Kebijakan di tingkat desa
— Kebijakan di tingkat kabupaten:
— KPDT pada ranah infrastruktur jaringan informasi
— Bappeda pada ranah perencanaan pembangunan yang terbuka dan partisipatif
Narasumber:
– Pemerintah Desa Gilangharjo
– Kepala KPDT Kabupaten Bantul
– Kepala Bappeda Kabupaten Bantul
– Direktur CRI Akhmad Muharam
Peserta:
– Staf pemerintah desa setempat
– Perwakilan lembaga kemasyarakatan desa setempat
– Tim Combine Resource Institution
– Tim OXFAM Makassar
– Perwakilan desa-desa dampingan OXFAM Makassar dari 4 kabupaten di Sulawesi Selatan