Sejarah Sistem Informasi Desa (SID) tidak bisa dilepaskan dari desa-desa di wilayah Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Desa Balerante yang terletak di Kemalang, adalah salah satu desa yang pemerintah desa dan komunitas warganya telah meletakkan dasar gagasan SID sejak tahun 2008 silam. Kini, setelah SID berjalan sekian tahun dan telah terterapkan manfaatnya di banyak desa hingga luar Jawa, tujuan penerapan SID kembali diperkuat untuk desa-desa di kecamatan yang berada tepat di lereng tenggara Gunungapi Merapi ini.

Melalui komunikasi di Paguyuban Perangkat Desa Kecamatan Kemalang, sebuah pertemuan yang disiapkan khusus untuk kembali mensosialisasikan SID ke perwakilan perangkat desa dari 13 desa se Kecamatan Kemalang dilakukan pada tanggal 8 November 2014 di Desa Keputran. Pertemuan sosialisasi ini sebenarnya bukan kali pertama karena sejak SID mulai dikembangkan dan diterapkan di Desa Balerante pada tahun 2009 – 2010, sejumlah desa di kecamatan Kemalang lainnya juga telah mengikuti proses tersebut. Desa Sidorejo dan Desa Talun adalah dua desa selain Desa Balerante yang secara konsisten telah dapat menerapkan SID sejak tahun 2010. Ketiga desa itu kemudian berinisiatif untuk membantu 10 desa lainnya di Kecamatan Kemalang untuk memulai proses penerapan SID.

Pada pertemuan berikutnya yang dilakukan di Desa Kendalsari pada Sabtu, 22 November 2014, 10 desa mengikuti pelatihan teknis instalasi dan penggunaan aplikasi SID versi 3.04. Perangkat Desa Balerante, Desa Talun, dan Desa Sidorejo turut membantu proses belajar bersama yang dikelola secara swadaya oleh jaringan pemerintah desa ini, dengan fasilitasi teknis dari tim COMBINE Resource Institution dan sejumlah relawan SID. Dalam pelatihan tersebut disepakati jadwal pelatihan dan koordinasi pembangunan data dasar kependudukan di tingkat desa. Jadwal yang disepakati adalah sebagai berikut:

Desa Tangkil : 29-11-2014
Desa Keputran : 30-11-2014
Desa Tlogowatu : 06-12-2014
Desa Kendalsari : 07-12-2014
Desa Tegalmulyo: 15-12-2014
Desa Bumiharjo  : 17-12-2014
Desa Bawukan : 18-12-2014
Desa Panggang : 20-12-2014
Desa Dompol : 22-12-2014
Desa Kemalang   : 30-12-2014

.

Pada setiap proses di atas, setaip desa disepakati akan membiayai sendiri proses pelatihan dan koordinasi yang diselenggarakan di desa masing-masing. Selain itu, setiap perangkat desa dari desa mana pun di Kecamatan Kemalang akan ikut aktif membantu proses belajar SID yang berlangsung baik di desa sendiri maupun di desa tetangga. Secara umum, seluruh desa di Kecamatan Kemalang ini menargetkan bisa menyelesaikan data dasar penduduk dalam bulan Desember 2014 – Januari 2015. Mereka sudah tidak sabar untuk lanjut ke tahap pemanfaatan SID, baik untuk olah data harian, pelayanan administrasi publik, maupun publikasi  potensi desa melalui website desa. Inisiatif ini sudah direncanakan untuk dikomunikasikan lebih lanjut kepada Pemerintah Kabupaten Klaten dan DPRD Kabupaten Klaten agar bisa mendapatkan dukungan formal dari pemangku kebijakan di tingkat daerah. Komunikasi tersebut juga diharapkan dapat memperkuat tujuan pemanfaatan SID untuk optimalisasi proses pembangunan dan kerjasama, baik antar desa maupun antara desa dan kabupaten.

.

(Elanto Wijoyono)