Sebanyak sembilan orang dari Forum Desa Pengembang Sistem Informasi Desa (SID) Kabupaten Gunungkidul telah menyelesaikan pelatihan sebagai pelatih (training of trainers/TOT) hari ini (18/03/2015). TOT yang diselenggarakan oleh Combine Resource Institution (CRI) di kantor CRI di Sewon, Bantul ini diadakan selama dua hari, 17 – 18 Maret 2015. Berbasis kerelawanan, tim lintas desa yang terdiri dari kepala desa, staf pemerintah desa, dan relawan media center Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Gunungkidul disiapkan untuk menguasai seluk-beluk SID lebih dalam dari sisi teknis.

DSC 0362

TOT SID adalah skema yang didorong oleh CRI sebagai fasilitator inisiatif tata kelola informasi desa untuk dilakukan di setiap kabupaten penerap SID. TOT ini ditujukan kepada individu dan/atau kelompok setempat yang siap menjadi fasilitator tata kelola data/informasi desa dengan SID bagi desa-desa di kabupaten tersebut. Kabupaten Gunungkidul yang telah memiliki desa-desa penerap SID sejak tahun 2011, pada tahun 2014 lalu telah membentuk Forum Desa Pengembang SID. Anggota forum desa ini adalah para pegiat SID dari desa-desa yang telah menerapkan SID lebih dulu dan siap untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya ke desa-desa yang lain.

Visi ini pada tahun 2015 sejalan dengan agenda Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Bappeda Kabupaten Gunungkidul. Pemerintah kabupaten telah menganggarkan program replikasi SID ke 144 desa di Kabupaten Gunungkidul. Program ini diselenggarakan dalam kolaborasi dengan CRI dan sejumlah lembaga mitra lain sebagai langkah memperkuat desa dan daerah dalam relasi tata kelola data dan informasi untuk perencanaan dan pembangunan. Secara khusus, Bappeda Kabupaten Gunungkidul juga tengah memfasilitasi proses verifikasi data analisis aset untuk program penanggulangan kemiskinan. Proses ini sejalan dengan program penerapan SID karena dengan adanya SID, proses verifikasi data itu bisa dilakukan secara terbuka dan partisipatif dari tingkat desa.

Sembilan peserta TOT SID tahap I untuk Kabupaten Gunungkidul ini berasal dari wilayah kecamatan Patuk, Panggang, dan Saptosari. Tiga wilayah kecamatan ini telah menerapkan SID antara tahun 2011 – 2014. Kini, 15 kecamatan lainnya di Kabupaten Gunungkidul diprogramkan untuk menerapkan inisiatif yang sama dengan dukungan pemerintah kabupaten. Jadi, tim forum desa ini dilatih untuk siap menjadi fasilitator pelatihan SID di 15 wilayah kecamatan yang akan mulai dilakukan pada bulan April 2015. Pengalaman para pegiat Forum Desa Pengembang SID dalam menerapkan SID di desa masing-masing diharapkan dapat dibagikan kepada desa-desa lain. Dalam proses ini, CRI akan terus memberikan dukungan sumber daya pengetahuan tentang tata kelola data/informasi desa-daerah dengan pemanfaatan Sistem Informasi Desa. Selain melalui komunikasi dan pelatihan tatap muka, dukungan untuk kesiapan pelatihan bagi 15 kecamatan ini juga akan diwujudkan dalam penyediaan bahan, modul, panduan, dan beragam catatan pengetahuan lainnya tentang SID yang dapat diakses secara terbuka melalui berbagai sistem informasi yang dikelola CRI.

(Elanto Wijoyono)