Hingga awal tahun 2015 ini sudah ada 3 kecamatan yang telah menerapkan Sistem Informasi Desa (SID) di Kabupaten Gunungkidul. Sementara, desa-desa di 15 kecamatan lainnya belum seluruhnya menggunakan SID yang dikembangkan oleh Combine Resource Institution (CRI). Pada tahun 2015 ini, dalam sebuah skema pembangunan sistem data untuk penanggulangan kemiskinan, Bappeda Kabupaten Gunungkidul memutuskan dilakukannya replikasi SID di seluruh desa di Kabupaten Gunungkidul. Desa-desa yang telah menerapkan dan menguasai SID telah disiapkan untuk menjadi pelatih bagi desa lainnya.

Kepala Desa Nglegi Aripin adalah salah satu pelatih yang akan diterjunkan ke desa-desa di 5 kecamatan bersama tim yang anggotanya berasal dari lintas desa. Desa Nglegi telah mulai menerapkan SID sejak tahun 2012, salah satu pelopor penerap SID di Kabupaten Gunungkidul. Pada bulan Maret 2015 lalu, Aripin bersama relawan lain yang tergabung dalam Forum Desa Pengembang SID Gunungkidul mengikuti pelatihan khusus di CRI. Walaupun mereka sebelumnya telah mendapatkan pelatihan untuk penerapan SID di desa masing-masing, pelatihan lebih lanjut tetap perlu dilakukan karena mereka disiapkan sebagai pelatih. Ada tiga tim yang dibentuk yang masing-masing bertanggung jawab untuk melatih desa-desa di 5 kecamatan, sehingga total mencakup 15 kecamatan.

Proses pelatihan itu akan dilakukan pada bulan April 2015 sebelum kemudian ditindaklanjuti dengan proses pelatihan pemanfaatan SID lebih lanjut. Pembagian tim dan jadwal pelatihan di 15 kecamatan adalah sebagai berikut:

Tim I: Aripin, Edi Supomo, Diana Dwi Lestari
– 6 April 2015 di Kecamatan Semin
– 13 April 2015 di Kecamatan Wonosari
– 14 April 2015 di Kecamayan Paliyan
– 15 April 2015 di Kecamatan Tepus
– 20 April 2015 di Kecamatan Patuk

Tim II: Suroyo, Luluk Widi Endarsih, Ferry Wijayanto
– 8 April 2015 di Kecamatan Girisubo
– 9 April 2015 di Kecamatan Semanu
– 13 April 2015 di Kecamatan Ponjong
– 16 April 2015 di Kecamatan Nglipar
– 20 April 2015 di Kecamatan Purwosari

Tim III: Budi Subaryadi, Yunardi, Hariadi Ginting Setiawan
– 7 April 2015 di Kecamatan Rongkop
– 9 April 2015 di Kecamatan Karangmojo
– 14 April 2015 di Kecamatan Tanjungsari
– 15 April 2015 di Kecamatan Playen
– 16 April 2015 di Kecamatan Ngawen

CRI sebagai fasilitator utama pengembangan dan pemanfaatan SID mulai menerapkan skema pembangunan simpul-simpul fasilitator SID di setiap kabupaten penerap SID. Forum Desa Pengembang SID di Kabupaten Gunungkidul adalah salah satu model yang difasilitasi untuk bisa menjadi helpdesk bagi penerapan SID oleh 144 di kabupaten tersebut. Selain untuk mendukung proses fasilitasi teknis harian, tim setempat ini akan potensial pula menjadi bagian dari simpul pengembangan SID di tingkat lokal. SID sebagai sebuah inisiatif olah data dan informasi sumber daya komunitas (desa dan kawasan) ini diharapkan akan semakin bisa berkembang sesuai kebutuhan tempatan tanpa harus tergantung hanya kepada CRI. Kualitas proses pemanfaatan juga akan menjadi bagian yang dikawal oleh tim SID di setiap kabupaten penerap SID. Skema yang sama juga diterapkan oleh CRI bersama pemerintah kabupaten dan lembaga masyarakat lokal di Kebumen, Temanggung, dan Jombang.

(Elanto Wijoyono)