Publik Display Berbasis Sistem Informasi Desa untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Warga dimudahkan untuk menyampaikan aspirasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Langsung dan tidak langsung berarti kehadiran. Jika warga datang ke balai desa, bisa langsung menggunakan Perangkat untuk menyampaikan pesannya. Jika warga tidak berkesempatan untuk datang ke balai Desa, mereka bisa memanfaatkan SMS Center yang dikelola oleh Desa dan terintegrasi dengan Publik Display yang ada.

Publik display berbasis Sistem Informasi Desa (SID) merupakan sarana publik hasil pengembangan dari Sistem Informasi Desa. Saat ini ada 20 unit publik display berbasis SID yang tersebar di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Publik Display memiliki pemanfaatan dengan prinsip – prinsip dan tujuan sebagai berikut ;

  1. Sebagai media interaktif penampil data dan informasi umum tentang desa dari Sistem Informasi Desa (SID) kepada masyarakat desa yang berkunjung ke kantor pemerintah desa.
  2. Mendorong partisipasi masyarakat desa untuk memberikan saran, pendapat, masukan, dan laporan tentang tata kelola pemerintah desa melalui aplikasi Public Display SID yang terpasang dalam perangkat komputer yang dapat diakses secara terbuka ini.
  3. Menguatkan skema pelayanan publik pemerintah desa bagi masyarakat yang mengacu pada prinsip-prinsip keterbukaan informasi publik.
  4. Mengoptimalkan pengoperasian dan pemeliharaan perangkat yang dihibahkan dengan sebaik-baiknya.
  5. Menghindari pemanfaatan perangkat komputer ini dalam kegiatan politik praktis, tetapi dapat dimanfaatkan untuk proses pendidikan politik bagi masyarakat dengan mengelola data dan informasi dalam kerangka pendidikan politik.
  6. Sebagai dukungan bagi pemerintah desa untuk dapat memfungsikan perangkat ini sebagai kios informasi publik yang mampu menarik minat dan partisipasi masyarakat desa untuk selalu memantau kualitas dan kemutakhiran data dan informasi desa.

Pada Wilayah Kabupaten Kebumen Jawa Tengah ada 10 unit, dioperasionalkan pada Bulan Agustus 2015 untuk melengkapi Portal Desa yang di Onlinekan pada Bulan Mei 2014. Publik display ini berada di desa desa sebagai berikut : Desa Pandansari Kecamatan Sruweng, Desa Kalibeji Kecamatan Sempor, Desa Kalipurwo Kecamatan Kuwarasan, Desa Sidomulyo Kecamatan Petanahan, Desa Pasir Kecamatan Ayah, Desa Pandanlor Kecamatan Klirong, Desa Logandu Kecamatan Karanggayam, Desa Seling Kecamatan Karangsambung, Desa Pesuruhan Kecamatan Puring dan Desa Pejengkolan Kecamatan Padureso.

Pada Wilayah Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat dioperasionalkan 4 unit. Penyerahan Publik Display dilakukan pada tanggal 1 – 2 Desember 2015 di Balai Desa Penerima bersamaan dengan Workshop Sistem Informasi Desa. Desa yang menerima publik display adalah Desa Sempparu dan Montong Gamang Kecamatan Kopang serta Desa Perina dan Pengenjek Kecamatan Jonggat.

Penerima Publik Display di Kabupaten Gunungkidul

Pada Wilayah Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta dioperasionalkan 6 unit. Penyerahan Publik Display dilakukan pada tanggal 16 Desember 2015 di Kantor Bappeda Gunungkidul bersamaan dengan Workshop Sistem Informasi Desa. Desa yang menerima publik display adalah Desa Nglanggeran, Desa Ngoro-oro, Desa Beji dan Desa Nglegi di Kecamatan Patuk serta Desa Girisuko dan Desa Girisekar di Kecamatan Panggang.

Berita Tentang Publik Display dari web SID, dapat dilihat pada tautan berikut :

Workshop Pemanfaatan Open Data SID

Saatnya Warga Melek Internet

Layani Warga, Pemdes Pandanlor gunakan Publik Display

Desa Pandansari menjadi pengembang Publik Display di kabupaten Kebumen

PENGENALAN PUBLIC DISPLAY SISTEM INFORMASI DESA ( SID )

BAPERMADES PROVINSI KUNJUNGI DESA SELING

OPDES DAN JURNALIS WARGA DESA PENGENJEK HADIRI WORKSHOP SID TINGKAT KABUPATEN.

PUBLIK DISPLAY UNTUK 6 DESA PENGEMBANG SID

 Public Display “Ekpresikan Pendapatmu”

Seperti apakah Publik Display Berbasis Sistem Informasi Desa : Publik Display di Desa Seling

Publik display di Desa Logandu  

Publik Display di Desa Pejengkolan

PUBLIK DISPLAY UNTUK 6 DESA PENGEMBANG SID

 Public Display “Ekpresikan Pendapatmu”