Brosur SSID

Sistem Informasi Desa (SID) merupakan sebuah instrumen yang mampu mendukung pengelolaan sumber daya berbasis komunitas di tingkat desa dengan membuka ruang partisipasi, pengenalan teknologi tepat guna dan pemanfaatan data dan informasi.

Untuk menyiapkan sumber daya manusia di tingkat desa dalam hal pengelolaan SID, saat ini CRI membuka ruang belajar melalui Sekolah Sistem Informasi Desa (SSID), SSID merupakan wahana belajar yang berbasis pada proses yang sistematis, dengan ruang lingkup pengelolaan sumber daya berbasis komunitas.

SSID menawarkan proses pembelajaran secara utuh yang menyenangkan dan partisipatif, Peserta akan diajak berkunjung ke Desa yang berhasil menerapkan pemanfaatan SID, sehingga bisa mendapatkan pengalaman langsung dari para pegiat isu perdesaan. Dan sebelum kelas berakhir, peserta akan dipandu merancang dan mewujudkan visi kemandirian desa dalam pengelolaan sumberdaya.

Pemberitaan yang diunggah pada portal desa :

KUNJUNGAN SEKOLAH SID KAB. KEBUMEN KE DESA DLINGO

Dlingo, 07/10/2015 Pemerintah Desa Dlingo kembali menerima kunjungan Sekolah SID dari CRI dan Pemerintah Kabupaten Kebumen, Sekolah yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Sistem Informasi Desa (SID) ini memilih Desa Dlingo sebagai Lab Risert karena Dlingo mampu menerapkan SID dengan baik ujar AJI (CRI).

Sekolah SID kali ini beranggotakan 17 orang yang berasal dari beberapa Desa, dan terdiri dari unsur pamong hingga kelembagaan Desa yang ada di Kabupaten Kebumen.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini nantinya, peserta diharapkan tidak hanya mampu untuk dapat memahami namun juga harus dapat mengimplentasikan di Desanya masing-masing. Selain itu dalam kegiatan ini peserta juga praktik langsung penggunaan SID serta pelatihan Jurnalistik bersama SANDIGITA FM.

Kegiatan ini berakhir sekitar pukul 17.00 WIB, dan dilanjutkan ke obyek wisata Air Terjun Lepo dengan agenda Wisata Desa serta tanya jawab langsung kepada masyarakat tentang manfaat penggunaan SID.

SEKOLAH SID DI CRI JOGJA

Sekolah sistim informasi desa di combine receorces institution (CRI) adalah pelatian SID yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan perangkat desa dalam mengelola SID.

Pelatihan ini di laksanakan di marcas COMBAIN RESOURSE INSTITUTION JL.Ali Maksum No. 184,palemsewu,panggungharjo,sewon Bantul.

Pelatihan ini di mulai 6 sampai dengan 9 Oktober 2015. Pelatihan ini di ikuti oleh 7 Desa dari Kabupaten kebumen yang terdiri dari 7 Perangkat desa dan 7 dari Warga. Pelatihan ini di laksanakan dengan alasan masih sedikitnya desa di Kabupaten Kebumen yang telah melaksanakan program SID karena masih rendahnya SDM.

Pelatihan ini di laksanakan dengan langsung terjun ke lapangan untuk melakukan studi banding di desa yang telah menerapkan SID dengan baik yaitu, desa Dlingo dan Nglegi.

.

Desa Dlingo Ikuti Sekolah Sistem Informasi Desa Combine Resource Institution

Bantul, 01/02/2016 Desa Dlingo mengikuti Sekolah Sistem Informasi Desa yang diadakan oleh Combine Resource Institution (CRI). Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan kembali pemehaman tentang penggunaan Sistem Informasi Desa. Kegiatan ini dilkasanakan  1 s.d 4 Februari 2016 di kantor CRI, Panggung Harjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Dalam Kesempatan kali ini Elanto Wijoyono yang sebagi fasilitator menyampaikan bahwa Sekolah SID ini nantinya akan ada berbagai macam kegiatan diantaranya penyampaian data dan informasi, Jurnalistik, Serta kunjungan ke Desa Penerap Sistem Informasi Desa serta penyampaian meteri-materi SID yang nantinya dapat diimplementasikan di Desa masing-masing.

Kegiatan ini juga diikuti dari berbagai Desa seperti, Desa Panggung Harjo, Borobudur, dan Boyolali. Dalam hal ini Desa Dlingo diwakili Staf Desa Bidang IT dan  Karangtaruna Desa yang nantinya besar harapan Pemerintah Desa Dlingo mampu menerapkan serta mengoptimalkan penggunaan Sistem Informasi Desa sebagai sarana pemenuhan kebutuhan pelayanan terhadap masyarakat luas.

Beberapa Testimoni dari alumni SSID

Sumber : Website SSID , Channel Tambaharjo, Channel Ibu Siti Mahmudah, Portal Desa Dlingo, Portal Desa Tambaharjo