Sesuai dengan himbauan Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo di sela-sela kunjungan kerja ke Kabupaten Kendal (10/2/2016) bahwa “Rakyat harus tahu apa saja penggunaan Dana Desa” saya menyambut baik dan mengapresiasikan sangat tinggi himbauan tersebut. Hal ini sesuai dengan cita-cita saya untuk mewujudkan transparasi anggaran dan meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan Desa Tambahrejo.

Semangat keterbukaan juga merupakan cita2 dari Kepala Desa sekarang yaitu Bapak Arifin, sehingga semangat Kejujuran akan semakin kuat dalam pelaksanaan pembangunan di Desa Tambahrejo ini. Saya selaku Bendahara desa akan terus berupaya menuju kea rah situ, dan media yang paling tepat adalah menggunakan teknologi berupa Sistem Informasi yang baik.

Setelah sekitar 1 tahun mencari kesana sini tentang system yang dirasa paling tepat dalam mewujudkan suatu system informasi yang bisa mengakomodir berbagai pihak akhirnya ditemukan system yang tepat dan dianggap paling sesuai dengan keadaan desa. Sistem Informasi Desa ini dibangun oleh suatu komunitas yang bernama Lumbung Komunitas dari  COMBINE Resource Institution atau yang biasa disingkat SID.

Hampir 1 tahun saya mempelajari SID, dan Alhamdulillah mulai Januari 2016 SID Desa Tambahrejo resmi online. SID Desa Tambahrejo masih dalam tahap pembangunan, dan diharapkan pada bulan April 2016 bersamaan dengan turunnya Dana Desa Tahap 1 dari pemerintah pusat, SID Desa Tambahrejo sudah mendekati kesempurnaan sebagai media Informasi dan Komunikasi Desa dan Antar Desa.

Lalu apa saja yang di informasikan ke public? SID sebagai media informasi berupa web desa yang menunya bisa disesuaikan dengan keadaan desa masing-masing. SID desa Tambahrejo saya rancang tidak hanya sebagai sarana informasi searah dari pemerintahan desa ke masyarakat tetapi akan tercipta informasi dua arah karena SID akan dibangun oleh pemerintah desa bersama dengan masyarakat. Bila digaris besar maka SID Desa Tambahrejo sebagai web desa memiliki 5 bidang focus yaitu :

  1. Bidang profil dan potensi desa,profil  pemerintahan, dan lembaga desa serta statistic desa.
  2. Bidang Pelayanan Umum.
  3. Bidang pemberitaan online.
  4. Bidang perencanaan pembangunan desa.
  5. Bidang kewirausahaan, produk unggulan dan informasi pasar.

Pada bidang 3 dan 4 inilah himbauan dari Bapak Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo akan terwujud di tahun 2016 ini, di perencanaan akan diinformasikan perencanaan anggaran sehingga masyarakat akan ikut bersama-sama mengawasi pelaksanaan pembangunan terutama yang berasal dari Dana Desa, di bidang pemberitaan akan selalu di update mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan kegiatan oleh contributor pemberita yang terdiri dari Perangkat Desa dan Pemuda Desa yang tergabung dalam Tim Redaksi SID Desa Tambahrejo.

Dengan lima bidang focus informasi ini saya berharap akan tercipta suatu output berupa manfaat yang luar biasa besar bagi masyarakat dan pemerintahan desa dalam upaya membangun desa yang mandiri, maju dan sejahtera… amiinn.

Sumber : Portal Desa Tambahrejo