Kopi Darat Sistem Informasi Desa atau Kopdar SID adalah wahana untuk berkumpul dan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang SID

Rangkaian kegiatan Kopdar SID:

  • Sesi Inkuiri Apresiatif.

    Sesi ini akan membahas sejarah perjalanan SID dan pemanfaatannya. Dalam sesi ini, para peserta Kopdar SID juga akan berbagi pengalaman mereka menggunakan SID dan tentang topik umum.

  • Peluncuran SID 3.04

  • Technical Working Groups.

    Sesi ini merupakan suatu upaya penajaman capaian-capaian yang telah berhasil dilakukan dalam penerapan SID. Sesi ini terbagi menjadi dua kelas secara paralel, yakni kelas Pemanfaatan SID dan Advokasi serta kelas Oprek Aplikasi SID.

Beberapa Liputan Tentang Kopdar SID

Kades Karang Bajo Persentasi Kopi Darat SID di Yogyakarta

Lombok Utara. Kepala Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa tenggara Barat . Kertamalip. Persentasikan Kopi Darat SID ( Sistim Informasi Desa ) diselenggarakan oleh Combine Resource Institution (CRI) bertempat di Pendapa Ajiyasa, Jogja National Museum, Jl. Amri Yahya No.1 Yogyakarta  22 -04-  2016

Sistem Informasi Desa (SID) sebagai salah satu bagian dari inisiatif CRI dan para mitra juga akan menjadi bagian dari JMR 2016. Ada sejumlah sesi acara yang terkait dengan inisiatif SID yang telah berjalan di berbagai daerah dalam 5 tahun terakhir. Secara khusus, CRI akan menggelar acara bertajuk “Kopi Darat SID” yang bertujuan untuk menghimpun dan membahas bersama pengalaman dan pengetahuan pemanfaatan SID, baik dari sisi teknis maupun dari sisi non-teknis.

Combine Resource Institution (CRI) kembali akan menggelar Jagongan Media Rakyat (JMR) pada 21-24 April 2016. JMR adalah agenda dua tahunan yang di inisiasi CRI sejak 2010. Kegiatan ini berisi workshop, diskusi, pameran dan pertunjukkan seni dengan beragam isu, dengan benang merah pada tata kelola informasi dan pengetahuan. Agenda ini terbuka bagi komunitas, lembaga, dan individu yang tertarik untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang tata kelola informasi dan pengetahuan terkait isu masing-masing.

Kegiatan ini dikelola dengan semangat sukarela dan kolaboratif. Mengusung tema “Menganyam Inisiatif Komunitas”, JMR 2016 membahas 25 isu yang dibagi dalam tiga klaster, yakni inovasi (perkotaan, kebencanaan, ekonomi kreatif dan teknologi informasi), advokasi (desa, lingkungan, heritage, hukum & HAM, maritim, pertanian, masyarakat adat, perlindungan anak, difabel dan kesehatan), dan literasi (jurnalisme, ekonomi mandiri, literasi media, media baru, seni & aktivisme sosial dan penerbitan independen). ( Ardes )

Bantul Ikuti Kopdar Sistem Informasi Desa di JMR 2016

 

Acara bertajuk Kopi Darat Sistem Informasi Desa (Kopdar SID), Jumat (22/04/2016) digelar di Pendapa Ajiyasa Jogja National Museum. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Jagongan Media Rakyat 2016 yang digagas oleh Combine Resource Institution.

Kabupaten Bantul sebagai pengguna aplikasi SID dan Kantor PDT sebagai SKPD pengelola teknologi Informasi dan komunikasi turut berpatisipasi, turut hadir dalam kesempatan ini Pj Lurah Desa Murtigading Rudi Suharta SIP, MM, Lurah Desa Dlingo Bahrun Wardoyo dan Lurah Desa Gadinghajo Aan Indra.

Tim SID Combine RI Irman Ariadi memaparkan SID merupakan seperangkat alat dan proses pemanfaatan data dan informasi untuk mendukung pengelolaan sumberdaya berbasis komunitas di tingkat desa. SID dikembangkan sejak tahun 2009, hingga tahun 2016 ini telah diterapkan di lebih dari 1600 desa di Sumatra Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta, Lombok dan beberapa wilayah lain.

Tujuan membangun SID yakni pemetaan kondisi dan potensi desa dengan data akurat dan mutakhir, penguatan kualitas pelayanan publik, serta penguatan perencanaan dan pengawasan pembangunan desa/kawasan. Dengan prinsip partisipatif, inklusif, transparan, akuntabel, dan berkelanjutan. Sedangkan entry point penerapan SID dimana setiap desa berbeda-beda yaitu keterbukaan informasi publik, pengurangan risiko bencana, dan penanggulangan kemiskinan.

Dalam sesi testimoni pengalaman pemanfaatan SID, Lurah Desa Dlingo dan beberapa Tim SID dari beberapa wilayah mempaparkan penerapan SID sejak tahap awal hingga saat in. KPDT berkesempatan memaparkan pengembangan SID di Kabupaten Bantul dan pengelolaan server SID.

Rangkaian Kopdar SID sesi terakhir yaitu Oprek Aplikasi SID. Aplikasi SID dikembangkan dengan prinsip sumber terbuka (open source) sehingga setiap pengguna bisa memodifikasi aplikasi. Dalam sesi kelas ini beberapa desa telah memodifikasi secara mandiri sesuai kebutuhan.

Presentasi dan Notulensi Kopdar SID

Kopi Darat SID (Sistem Informasi Desa) Oprek aplikasi Sistem Informasi Desa Presentasi Kopdar SID Presentasi Sesi Inkuiri Apresiatif Presentasi Sesi Oprek SID

Dokumentasi Kopdar SID

 Sumber : Portal Desa Karangbajo Website KPDT Bantul Website JMR 2016