Program Lumbung Komunitas yang menjadi wahana pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) sejak tahun 2009 dikelola oleh tim program COMBINE Resource Institution (CRI) di Yogyakarta, Indonesia. Tim CRI telah berkomunikasi secara khusus dengan kelompok-kelompok pemerintah desa dan masyarakat desa sejak tahun 2008 sebagai langkah awal pembangunan Sistem Informasi Desa. Gagasan sistem yang muncul dari pihak desa kemudian berhasil diterjemahkan sebagai aplikasi berbasis komputer oleh tim CRI yang produk purwarupanya diujicobakan di Desa Terong, Bantul, D.I. Yogyakarta dan Desa Balerante, Klaten, Jawa Tengah pada pertengahan tahun 2009. Ujicoba diperluas ke wilah desa-desa di Kabupaten Bantul, Klaten, dan Magelang pada tahun 2010. Produk tersebut menjadi dasar pengembangan rilis resmi aplikasi Sistem Informasi Desa 1.0 pada bulan April 2011. Tahun 2011 menjadi tonggak dimulainya proses ujicoba Sistem Informasi Desa di Kabupaten Gunungkidul dan Temanggung.

Pada proses pengembangan Sistem Informasi Desa 2.0 yang dirilis pada bulan Juli 2011, dan seterusnya, tim CRI membuka diri pada keterlibatan publik dalam proses pengembangan aplikasi dan sistem di lapangan. Hingga tahun 2012 ini, SID telah diperkenalkan dan diujicobakan ke sejumlah desa di wilayah D.I. Yogyakarta (Bantul, Gunungkidul, Sleman) dan Jawa Tengah (Klaten, Magelang, Temanggung). Penjajagan penerapan SID di wilayah luar Jawa juga tengah dilakukan bersama sejumlah lembaga mitra CRI, seperti di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan. Pada tahun 2013 dirilis aplikasi SID versi 3.0 dengan beberapa penambahan fungsi olah data dan informasi desa.

Sampai dengan akhir 2013 tercatat 256 Desa atau Kelurahan yang telah menerapkan Sistem Informasi Desa. Penerapan ini diawali dengan serial pelatihan dan pendamping langsung maupun tidak langsung yang bekerja sama dengan lembaga atau mitra di lokasi kegiatan. Secara Administrasi tersebar di Provinsi Jawa Tengah, DIY, NTB,NTT dan Sultra.

Partisipasi publik dalam proses diskusi, pengembangan, hingga penerapan/pemanfaatan sistem ini di lapangan terbuka lebar. Siapa pun Anda, baik sebagai individu atau bagian dari organisasi, kami ajak aktif berperan dalam proses yang terus berlanjut dan berkembang ini.

.

Tim Unit Lumbung Komunitas – Combine Resource Institution

Manajer Program: Elanto Wijoyono | joyo[at]combine.or.id
Analis Data dan Pengembangan Sistem Informasi: Irman Ariadi | ariadi[at]combine.or.id

 

COMBINE Resource Institution
Jl. K.H. Ali Maksum No. 183 Panggungharjo, Sewon, Bantul, D.I. Yogyakarta 55188 INDONESIA
Telp./Faks. : +62 274 411 123
e-mail: office[at]combine.or.id
website: http://combine.or.id

.

Creative Commons License
Lumbung Komunitas by COMBINE Resource Institution is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License. Permissions beyond the scope of this license may be available at http://combine.or.id.
.
Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) yang diinformasikan dalam situs ini dibangun dan dikembangkan oleh COMBINE Resource Institution sejak tahun 2009. Sistem ini dikelola dengan merujuk pada lisensi GNU GENERAL PUBLIC LICENSE Version 3