Lumbung Komunitas (LK) adalah platform yang disediakan bagi komunitas untuk mempermudah pengelolaan sumber daya. Sumber daya yang dikelola berupa pengetahuan, kekayaan alam dan potensi lain yang bisa dikelola untuk mendukung kemandirian komunitas. Kemandirian komunitas menjadi salah satu kunci penting dalam upaya penguatan masyarakat. Kemandirian adalah situasi dimana suatu komunitas mampu mengelola sumberdaya yang mereka miliki sebagai modal utama untuk mengatasi masalah maupun mengembangkan diri secara koletif menuju situasi yang lebih baik. Kemampuan mengelola sumberdaya juga menjadi syarat penting agar suatu komunitas bisa meminimalkan ketergantungan dari pihak lain. Sedikit atau banyak setiap komunitas memiliki sumber daya yang sangat penting. Sumber daya yang dimaksud bisa berupa sumber daya yang bersifat fisik (tangible) maupun non-fisik (intangible). Dalam kenyataannya kekayaan sumberdaya tersebut seringkali tidak disadari secara kolektif. Kondisi ini menyebabkan sumberdaya yang dimiliki oleh suatu komunitas kurang terkelola secara optimal. Lumbung Komunitas adalah konsep pemanfaatan sistem informasi sebagai alat bantu (instrumen) pengelolaan sumberdaya berbasis komunitas. Sebagai sebuah konsep generik, Lumbung Komunitas bisa diterapkan oleh pelbagai pihak di wilayah yang berbeda dengan jenis sumber daya yang berbeda dan dengan nama yang berbeda. Substansinya adalah upaya mengoptimalkan fungsi informasi-komunikasi untuk pengelolaan sumber daya berbasis komunitas sehingga suatu komunitas menjadi lebih mandiri.

Kerangka Pikir Lumbung Komunitas

Lumbung Komunitas dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah komunitas dalam:

1. Menemukenali potensi sumber daya yang bisa dioptimalkan untuk mendukung kemandirian secara kolektif
2. Menjadi sistem pendukung yang mudah, murah dan terjangkau untuk pengelolaan sumber daya komunitas secara berkelanjutan
3. Memudahkan komunitas untuk bekerjasama dengan pihak lain dalam hubungan saling tergantung (interdependen) dan saling menguntungkan (mutualistik)

 

Lumbung Komunitas